Fungsi Kontruksi Mesin Blok Silinder
Fungsi Kontruksi Mesin Blok Silinder
Konstruksi Mesin - Blok Silinder
Komponen mesin yang bekerja secara bolak balik (Naik turun) adalah :
Torak Batang Torak Katup Batang Pendorong (Jika ada)
Komponen mesin yang bekerja dengan gerakan putar adalah :
Poros Engkol Poros Bubungan Roda Penerus
Pada sisi salah satu bantalan utama dipasangkan bantalan thrust (bantalan bulan) yang berfungsi untuk mengontrol gerak ambang (gerak ujung) poros engkol.
Tappet atau lifter bekerja mengikuti gerak dan bentuk poros bubungan.
Jenis tappet atau lifter yang umum digunakan adalah :
Jenis mekanik (solid) Jenis Hidrolik
Roda penerus berfungsi untuk menyimpan energi kinetik, juga sebagai tempat duduknya kopling dan ring gear untuk starter.
Gambar 1 : Penempatan Cincin Torak
Fungsi cincin torak adalah untuk mencegah kebocaran gas dari ruang bakar ke ruang engkol. Pada umumnya terdapat dua buah cincin kompresi untuk setiap torak.
Gambar 2 : Cincin Torak
Fungsi cincin oli adalah untuk mengontrol dan mengikis oli dari dinding silinder dan selanjutnya oli tersebut jatuh kembali kedalam panic oli (karter). Untuk setiap torak dipasangkan satu buah cincin oli. Lobang atau coakan yang terdapat dibagian belakang cincin oli berguna untuk mempermudah pengaliran oli yang dikikis cincin dari dinding silinder kembali ke panci oli.
Operasi Mesin Bensin 4 Langkah
Mesin 4 langkah adalah mesin yang membutuhkan 720 derajat engkol atau membutuhkan dua kali putaran poros engkol untuk memperoleh satu kali usaha.
Gambar 3 : Mesin dengan Pengapian Busi (Mesin Bensin)
0 Response to "Fungsi Kontruksi Mesin Blok Silinder"
Posting Komentar