Silabus dan RPS Konsep Dasar Matematika SD
SILABUS
A. Identitas
Matakuliah
Nama Matakuliah : Konsep Dasar
Matematika SD
Kode Matakuliah :
1531
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 1
Kelompok Matakuliah :
MKK
Program Studi/Program :
PGSD/S-1
Status Matakuliah : Wajib
Prasyarat : -
Dosen : Nurbaiti, S.Pd.I., M.Pd.
B.
Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan mampu menjelaskan
pemecahan masalah, penalaran, logika matematika, himpunan, fungsi, persamaan
dan pertidaksamaan, geometri, dan
peluang.
C. Diskripsi
isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pemecahan masalah, penalaran, logika
matematika, himpunan, fungsi, persamaan dan
pertidaksamaan, geometri, dan peluang.
D.
Pendekatan, Metode,
Tugas, Dan Media
Pendekatan
pembelajaran : pemecahan
masalah
Metode pembelajaran : ekspositori dan diskusi
Tugas : menyelesaikan soal dan
menyajikannya.
Media : OHP, komputer, LCD.
E.
Evaluasi
Kehadiran
Tugas
Penyajian
Diskusi.
Tes
UTS
UAS
F.
Rincian Materi
Perkuliahan
1.
Pemecahan
masalah
2.
Penalaran
Induktif
3.
Penalaran
Deduktif
4.
Logika
Matematika
5.
Himpunan
6.
Fungsi
7.
Persamaan
dan pertidaksamaan
8.
Geometri
9.
Peluang
G. Referensi
A.Van De Walle, John. 2006. Matematika
Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Prihandoko, Antonius Cahya. 2005. Memahami
Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember:
Departemen Pendidikan Nasional.
Billstein, Rick.,
Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny. 1993. A Problem Solving Aprroach to
Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley
Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts.
Ruseffendi, H.E.T.
1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan, Tarsito, Bandung.
RENCANA
PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP
TAPANULI SELATAN
SEMESTER
GANJIL 2017/2018
(SEPTEMBER-DESEMBER)
A. Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah : Konsep Dasar Matematika
Kode Matakuliah :
1531
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 1
Kelompok Matakuliah : MKK
Program Studi/Program : PGSD/S-1
Status Matakuliah : Wajib
Prasyarat : -
Dosen : Nurbaiti, S.Pd.I., M.Pd.
B. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan mampu menjelaskan
pemecahan masalah, penalaran, logika matematika, himpunan, fungsi, persamaan
dan pertidaksamaan, geometri, dan
peluang.
C. Materi
1.
Pemecahan
masalah
2.
Penalaran
Induktif
3.
Penalaran
Deduktif
4.
Logika
Matematika
5.
Himpunan
6.
Fungsi
7.
Persamaan
dan pertidaksamaan
8.
Geometri
9.
Peluang
D. Deskripsi Materi
Pertemuan
|
Materi
|
Sub
Materi
|
1-2
|
Pemecahan masalah
dalam matematika
|
1.
Pengertian masalah
2.
Jenis masalah
3.
Langkah pemecahan masalah
4.
Penerapan pemecahan masalah matematika di SD
|
3
|
Penalaran dalam matematika
|
1.
Penalaran
Induktif
2.
Penalaran
Deduktif
3.
Logika
Matematika
4.
Penerapan
logika matematika
|
4-5
|
Relasi antar himpunan
|
1.
Himpunan
bagian
2.
Himpunan
Sama
3.
Himpunan
berpotongan
4.
Himpunan
saling lepas
5.
Himpunan
ekivalen
|
5-6
|
Operasi himpunan
|
1.
Operasi
himpunan gabungan
2.
Operasi
himpunan irisan
3.
Operasi
himpunan komplemen
4.
Operasi
himpunan selisih
5.
Operasi
himpunan jumlah
6.
Penerapan
himpunan di SD
|
7
|
Review dan Test
|
|
UTS
|
||
8
|
Fungsi
|
1.
Fungsi riil
dan grafiknya
2.
Operasi pada
fungsi
3.
Operasi
biner
4.
Penerapan konsep
fungsi di SD
|
9
|
Persamaan dan pertidaksamaan
|
1.
Persamaan
linier
2.
Pertidaksamaan
linier
3.
Persamaan
kuadrat
4.
Pertidaksamaan
kuadrat
5.
Penerapan
persamaan dan pertidaksamaan dalam penyelesaian masalah
|
10-11
|
Geometri
|
1.
Bangun datar
2.
Bangun ruang
3.
Simetri
|
12-13
|
Peluang dan
statistika dasar
|
1.
Konsep peluang
dan pengelolaan data
2.
Permutasi
3.
Kombinasi
4.
Peluang
5.
Penyajian
data
6.
Perhitungan
pengukuran tendensi pusat
7.
Materi
pengukuran dan statistika di SD
8.
Mengolah
data
|
14
|
Review dan Test
|
|
UAS
|
E. Referensi
A.Van De Walle, John. 2006. Matematika
Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Prihandoko, Antonius Cahya. 2005. Memahami
Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember:
Departemen Pendidikan Nasional.
Billstein, Rick.,
Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny. 1993. A Problem Solving Aprroach to
Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley
Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts.
Ruseffendi, H.E.T.
1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan, Tarsito, Bandung.